Senin, 21 Maret 2011

Metode Karyawisata

Metode Karyawisata

a. Pengertian
Metode karyawisata ialah suatu cara penyajian bahan pelajaran dengan membawa murid langsung kepada obyek yang akan dipelajari di luar kelas.
Karya= kerja, wisata= pergi Karyawisata = pergi bekerja. Dalam hubungannya dengan kegiatan belajar mengajar, pengertian karyawisata berarti siswa-siswa mempelajari suatu obyek di tempat mana obyek tersebut berada. Karyawisata dapat dilakukan dalam waktu singkat beberapa jam saja ataupun cukup
lama sampai beberapa hari.


b. Tujuan penggunaan metode karyawisata antara lain:
1) untuk melengkapi pengetahuan yang diperoleh di sekolah
atau kelas
2) untuk melihat, mengamati, menghayati secara langsung
dannyata mengenai obyek tersebut
3) untuk menanamkan nilai moral pada siswa

c. Alasan Penggunaan Metode Karyawisata
1) Obyek yang akan dipelajari tidak dapat dibawa kedalam
kelas karena, misalnya:
a) terlalu besar/berat
b) berbahaya
c) akan berubah bila berpindah tempat
d) obyek terdapat di tempat tertentu
2) Kepentingan siswa dalam rangka melengkapi proses
belajar mengajar


d.. Kelebihan Metode Karya Wisata
1) Karya Wisata mempunyai prinsip pengajaran modern yang
memanfaatkan lingkungan nyata dalam proses belajar mengajar.
2) Membuat apa yang dipelajari di sekolah lebih relevan dengan
kenyataan dan kebutuhan di masyarakat.
3) Pengajaran dengan metode karya wisata dapat lebih merangsang
kreatifitas siswa.
4) Informasi sebagai bahan pelajaran lebih luas, mendalam dan aktual
. Manfaat Penggunaan
1) siswa memperoleh pengalaman yang nyata mengenai
obyek studi dalam kegiatan karyawisata
2) dapat memberikan motivasi untuk mendalami materi pelajaran
e. Kekurangan Metode Karya Wisata
1) Fasilitas yang diperlukan sulit untuk disediakan siswa di sekolah.
2) Biaya yang digunakan untuk acara ini lebih banyak.
3) Memerlukan persiapan dan perencanaan yang matang.
4) Memerlukan koordinasi dengan guru yang lain agar tidak terjadi
tumpang tindih waktu dan kegiatan selama karya wisata.
5) Dalam karya wisata sering unsur rekreasi menjadi prioritas daripada
tujuan utama, sedangkan unsur studinya menjadi terabaikan.
6) Sulit mengatur siswa yang banyak dalam perjalanan ini dan
mengarahkan mereka kepada kegiatan studi yang menjadi
permasalahan.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Copyright 2008 All Rights Reserved | Tugas Kuliah Designed by Bloggers Template | Exercise Equipment | Watch Movies