Senin, 28 Maret 2011

Sumber daya alam

1. Sumber daya alam dapat di definiikan sebagai semua makhluk hidup, benda mati, sistem ekologi, dan sistem lingkungan yang ada di muka bumi yang bermanfaat bagi sesuai dengan tingkat teknologi, ekonomi, dan budaya.
 Klasifikasi sumber daya alam
1) Sumber daya lahan pertanian dan lahan hutan dengan semua benda dan jasa yang di hasilkan. contoh : kayu.
2) Kawasan alamiah yang diperuntukkan bagi keindahan (estetika), reaksi, dan untuk kebutuhan penelitian. contoh : laut.
3) Kawasan perairan air tawar dan air laut untuk perikanan. contoh : penangkaran .
4) Sumber daya mineral termasuk di dalamnya bahan bakar fosil dan nonfosil. contoh : minyak tanah.
5) Energi nonmineral yang dapat pulih yang berasal dari energi matahari. contoh : arus laut.
6) Sumber daya air dan kemampuan asimilasi limbah yang terdapat pada semua komponen lingkungan. contoh : pengairan di sawah
2. Klasifikasi sumber daya alam menurut peluang daur ulang yaitu secara alamiah dan bantuan manusia.secara alamiah misalnya pemulihan hutan dengan secara alamiah,tetapi dapat pula dilakukan oleh manusia itu sendiri.
3. Sumber daya alam in situ yaitu sumber daya yang hanya dapat dimanfaatkan di tempat sumber daya itu berada. contoh : pemanfaatan sungai sebagai rekreasi sebagai rekreasi arum jeram.
4. Delapan isu mengenai sumber daya alam, yaitu :
 Isu pertama : Mengenai semakin tipisnya stok berbagai sumber daya, kerusakan dan terlampauinya daya dukung lingkungan. Cadangan sumber daya yang semakin menipis, terlihat pada minyak bumi.tingkat konsumsi yang terjadi pada beberapa dekade terakhir menunjukkan kenaikan yang sangat tinggi melebihi kenaikan yang terjadi pada masa – masa sebelimnya.
 Isu kedua : Menyangkut konflik yang dapat muncul akibat lokasi atau negara tempat ditemukan suatu sumber daya berbeda dengan negara yang membutuhkannya. misalnya, cadangan terbesar minyak bumi ditemukan negara – negara teluk persia, sedangkan negara –negara yang merupakan konsumen terbesar adalah negara industri maju, seperti Amerika Serikat, Eropa Barat, dan Jepang. Kondisi seperti itu dapat menimbulkan berbagai konflik kepentingan antar berbagai negara.
 Isu ketiga : Menyangkut pergeseran yang terjadi pada penggunaan sumber daya yang dapat pulih (renewable) ke sumber daya yang tak pulih (nonrenewable) akibat revolusi industri. Revolusi industriyang lahir di Inggris telah mensubsitusi secara besar – besaran penggunaan sumberdaya tumbuhan dan hewan (renewable) manjadi tenaga mesin.
 Isu keempat : Mengenai evaluasi terhadap kebijakan pola pemakaian sumber daya. Pengalaman masa lalu dengan jelas menunjukkan bahwa telah terjadi pemborosan pada pemakaian suatu sumber daya alam.
 Isu kelima : Mengenai masalah peranan sumber daya alam dan lingkungan terhadap pertumbuhan ekonomie pada masa lalu. Kebanyakan analisis ekonomi hanya menekankan peranan sumber daya manusia (human capital) dan teknologi, sebagai faktor pendorong pertumbuhan ekonomi dan hanya sedikit yang mempelajari peranan sumber daya alam dan kapasitas lingkungan sebagai media untuk menyerap berbagai limbah industrilisasi.
 Isu keenam : Menyangkut semakin tingginya ketergantungan manusia saat ini pada sumber daya yang berkualitas rendah. Misalnya kadar biji besi dan timah yang ditambang saat ini jauh lebih rendah dari yang ditambang pada masa lalu.Hal ini berarti biaya eksploitasi menjadi semakin tinggi.
 Isu ketujuh : Menyangkut masalah pencemaran global , akibat industrilisasi. Industrilisasi menyebabkan meningkatnya penggunaan batu bara dan minyak bumi sebagai bahan bakar yang menggerakkan pabrik. Pembakaran bahan – bahan ini serta penebangan hutan mengakibatkan semakin tingginya konsentrasi karbondioksida di atmosfir bumi.hal ini menyebabkan perubahan suhu dan iklim di bumi. Masalah lain ialah semakin tingginya pencemaran lingkungan.
 Isu kedelapan : Menyangkut peranan mekanisme pasar sebagai proses yang menentukan cara pengolahan sumber daya sepanjang waktu. Mekanisme pasar selama ini merupakan alat yang memegang peranan penting dalam menetapkan aktivitas eksploitasi dan laju pemakaian sumber daya.dalam masyarakat yang menganut sistem ekonomi pasar bebas,maka kenaikan harga relatif akan mendorong inovasi teknologi. Namun akhir – akhir ini terdapat kecenderungan adanya intervensi pemerintah dalam masalah harga.
5. Kelompok ilmuwan ekonomi yang optimis bahwa sumber daya alam di muka bumi ini tidak akan mengalami kelangkaan,yaitu :
 Pandangan optimis diwakili oleh beberapa ahli atara lain Herman Khan (1974) dan Robert Solow (1974). Kelompok ini percaya bahwa kemajuan teknologi akan selalu tercipta jika manusia menghadapi kelangkaan sumber daya alam. Mereka yakin bahwa manusia dengan kecerdasannya mampu menemukan teknolongi yang dapat mengatasi masalah kelangkaan. Menurut mereka tidak ada batasan dari kemajuan teknologi.
 Robert solow (1974) menyatakan bahwa secara teoritik modal ciptaan manusia dan teknologi dapat mengatasi masalah kelangkaan faktor – faktor produksi, sehingga menghasilkan barang dan jasa secara berkelanjutan melalui subsitusi atas bahan baku alamiah.
6. Sumber daya alam yang tak penting menjadi sumber daya yang sangat penting yaitu mesin daur ulang sampah dari daun untuk dijadikan pupuk anorganik, biaya produksi petani jadi lebih ringan. Dan juga ramah lingkungan untuk hasilnya karina alamiah.
7. Kelangkaan menurut ahli :
 Ahli geologi adalah langka jika cadangannya menjadi berkurang. Jadi kriteria kelangkaan berdasarkan jumlah atau ketersediaan secara fisik dari suatu sumber daya alam.
 Ahli ekonomi yaitu permintaan dibandingkan jumlah yang tersedia. Suatu sumber daya dapat saja tersedia dalam jumlah yang sedikit, namun jika permintaan terhadap sumber daya tersebut juga rendah, maka hal itu belum merupakan kelangkaan.
Ukuran kelangkaan menurut ahli ekonomi ialah indikator yang dapat mencerminkan kenainan harga sumber daya tersebut. Fisher (1978) menyataan bahwa suatu indikator yang ideal untuk mengukur kelangkaan harus merupakan ukuran langsung maupun tak langsung, yaitu dengan mengukur besarnya korbanan untuk mendapatkan satu unit sumber daya tersebut.
8. Karena pada kenyataan sekarang ini, kebanyakan htan di tebang secara liar, dan tanah yang di jadikan lahan pertanian jadi rumah dan gedung – gedung yang mewah. Sedangkan mineral dan minyak numi akan melimpah karena makin maraknya bencana alam yang mengakibatkan jutaan korban jiwa dan lainnya yang di masa depan jadi mineral dan minyak bumi yang melimpah. Dan itu sudah terjadi di masa sekarang ini,banyak terjadi bencana dan jutaan nyawa melayana, untuk proyeksi masa depan.
9. Faktor – faktor penyebab sehingga negara maju sampai saat ini tidak mengalami masalah kelangkaan, antara lain :
 Perubahan teknologi, perubahan teknologi menuju efisiensi dalam menggunakan sumbr daya alam (resource saving technologi) peleburan metal berkadar rendah dan pemakaian bahan bakar secara hemat.
 Subsitusi dengan bahan yang melimpah,bahan – bahan mineral yang melimpah dapat digunakan untuk menggantikan bahan – bahan yang mulai langkah.
 Penemuan lokasi baru, upaya menemukan sumber daya pada lokasi lain, dibandingkan dengan melanjutkan penggalian pada lokasi lama yang senakin mahal.
 Daur ulang, kelangkaan sumber daya mineral, telah mendorong pemakaian bahan bekas melalui daur ulang.
 Perdagangan,perbaikan dalam transportasi memudahkan pengangkutan bahan baku dari lokasi penemuan ke tempat pemakaian, sehinggah harga sumber daya menjadi lebih kompetitif.
10. Dalam mengatasi masalah kelangkaan, yaitu :
 Resource saving technology yaitu sumber daya tabungan teknologi, mengadakan efisiensi teknolongi untuk mempertinggi kelayakan ekonomimya. Contohnya : menggunakan teknologi sebijak mungkin dan melakukan perawatan secara berkala serta pemakaian baha bakar sehemat mungkin.
 Resource augmenting technology yaitu peningkatan kepastian kandungan mineral secara geologis dengan menempatkan tenaga profesional di bidangnya agar dapat meningkatkan reliabilitas pengetahuan besarnya depositnya. Contohnya : menempatkan tenaga kerja sesuai dengan kemampuan tenaga kerja tersebut, sehingga mengefisienkan tenaga kerja dan kemampuannya dapat di maksimalkan.
11. Mekanisme pasar sebagai alat yang ampuh terhadap munculnya inovasi teknologi, yaitu :
 Kendala yang pertama ialah kurangnya motivasi bagi penemuan barang – barang publik atau public goods. Temuan teknologi bagi barang – barang publik (public goods), kurang memberikan insentif bagi lembaga penelitian, akibat barang publik tidak dapat dipatenkan atau jika ada hak paten, tidak ada jaminan bahwa temuan tersebut akan mendatangkan keuntungan bagi penemu. Tampa adanya hak cipta, maka lembaga penelitian akan kehilangan insentif dan semangat, sehingga mereka tidak terdorong untuk menciptaan kreativitas pada bidang – badang barang publik yang jutru sangat dibutuhkan oleh umat manusia.
 Masalah pesimisme kedua, bersumber dari sistem pasar pada negara demokratis. Jika masyarakat mengalami masalah kelangkaan, maka mereka pada umumnya tidak akan mau menerima kenyataan tersebut (unwilling to face up changing situation).
 Masalah ketiga ialah masalah forecasting atau prakiraan masa datang. Kemampuan manusia untuk meramal masa depan adalah terbatas. Suatu prakiraan masa paling tinggi hanya dapat dilakukan dalam waktu yang tidak lebih dari sekitar 20 – 30 tahun saja. Informasi yang tersedia biasanya tidak memadai.
12. Menurut saya, memiliki peluang untuk untuk mengatasi kelangkaan.apabila tercapai maka akan menghasilkan inivasi yang di harapkan.tapi meskipun terwujud, mungkin tidak akan sempurna.sehingga membutuhkan juga dukungan dari factor – factor lainnya.

0 komentar:

Poskan Komentar

 

Copyright 2008 All Rights Reserved | Tugas Kuliah Designed by Bloggers Template | Exercise Equipment | Watch Movies